oleh

Bupati Luwu Utara Apresiasi Inovasi Rumah Tinggal Ibu Nifas 

 

Luwu Utara, Suarabisa.com — Launching Rumah Tinggal Ibu Nifas RSUD Andi Djemma Masamba yang merupakan proyek perubahan Kabag Tata Usaha RSUD Andi Djemma Masamba Imran Ismail mendapat apresiasi dari Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Indah Putri Indriani saat melaunching Rumah Tinggal Ibu Nifas RSUD Andi Djemma,Sabtu (08/05/2021) di RSUD Andi Djemma Masamba.

Menurutnya, inovasi seperti ini memang bukanlah sesuatu hal yang baru, akan tetapi invovasi khusus ibu nifas ini merupakan kali pertama ada di rumah sakit Andi Djemma Masamba. Dan merupakan komitmen pemerintah guna menekan angka kematian ibu dan bayi.

“Ini merupakan salah satu upaya kita untuk memberikan dan meningkatkan kualitas pelayanan khususnya bagi ibu dan anak,”ucap Indah Putri Indriani.

Indah Putri Indriani dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa Angka kematian anak di Luwu Utara masih cukup tinggi.

“Untuk itu, dengan adanya fasilitas untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak, kita harapkan bisa menekan angka kematian anak,”sebutnya.

Salah satu fungsi primer pemerintah yang tidak akan pernah berhenti adalah fungsi pelayanan, khususnya di rumah sakit yang fungsi pelayanannya tidak akan pernah berhenti.

Rumah tinggal bagi ibu nifas, kata Indah, sesungguhnya adalah komitmen pemerintah guna menekan angka kematian ibu dan bayi. “Saya harap ke depan ada sinergi antarpemangku kepentingan untuk mengedukasi masyarakat bahwa generasi itu harus direncanakan, termasuk juga merencanakan kehamilan,” terangnya. Menurutnya, jika hal ini dilakukan sejak dini, maka bisa menekan angka kematian ibu dan bayi, termasuk meningkatkan kualitas hidup keluarga.

“Ke depan, tidak ada lagi ibu-ibu nifas yang harusnya masih diberi perawatan, malah memilih pulang karena minimnya fasilitas,” harap Bupati perempuan pertama di Sulsel ini. Ia pun berharap, kehadiran rumah tinggal bagi ibu nifas di RSUD Andi Djemma Masamba dapat semakin meningkatkan pelayanan, khususnya bagi ibu-ibu nifas. “Semoga dengan hadirnya rumah tinggal ini, mampu meningkatkan pelayanan bagi ibu nifas itu sendiri,” sambungnya.

Sebelumnya, Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, dr. H. Hariadi, berharap kehadiran fasilitas rumah tinggal bagi ibu nifas dapat memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi ibu-ibu nifas itu sendiri. “Bukan hanya keamanannya terjamin, tapi juga bisa memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi ibu-ibu nifas, sehingga mempercepat perwatan bayinya,” pungkasnya. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kadis Kesehatan Marhani Katma, dan para dokter spesialis RSUD Andi Djemma, Masamba.

Diketahui, Gedung Fasilitas Rumah Tinggal bagi Ibu Nifas ini berlantai dua, menyiapkan ruang bermain bagi anak dan ruang penitipan anak. Sementara untuk lantai kedua, disediakan untuk keluarga pasien yang ingin menginap

 

(*)

Komentar

Berita Lainnya