oleh

Dinkes Luwu Utara Menggelar Workshop Penyusunan Renstra 2021-2026

-News-44 views

LUTRA,SUARABISA.com | Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara menggelar Workshop Penyusunan Renstra 2021-2026 . Selama 2 hari, dari tanggal 27-28 Mei 2021.

Kegiatan Workshop di gelar di Aula Hotel Bukit Indah, Jalan Simpurusiang, Kelurahan Baliase, Kec. Masamba. dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Luwu Utara, drg. Marhani Katma, MARS.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Luwu Utara, drg Marhani Katma mengatakan, Untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, diselenggarakan upaya kesehatan baik, upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, melalui  pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan. Dimana kata dia, Dinas Kesehatan selaku Perangkat Daerah yang bertanggung jawab melaksanakan urusan Pemerintahan Bidang Kesehatan yang menjadi kewenangan Daerah.

“Kita ketahui bersama bahwa tahun 2021 merupakan tahun awal dari kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dan sekaligus merupakan tahun awal periode RPJMD yang penyusunannya telah memasuki tahap akhir, dan untuk selanjutnya akan ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Luwu Utara sebagai RPJMD kabupaten Luwu Utara tahun 2021-2026“, ungkapnya dihadapan seluruh Kepala Puskesmas yang hadir dalam kegiatan.

Lebih lanjut, Marhani mengatakan, Penyusunan Renstra Dinas Kesehatan merupakan tahapan perencanaan yang dilaksanakan setiap 5 tahun. Dalam dokumen Renstra kata dia, tergambar program yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan kabupaten Luwu Utara selama 5 tahun kedepan, dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, dan tentunya mengacu pada RPJMD kabupaten Luwu Utara tahun 2021-2026.

“Oleh karena itu, dalam penyusunan Dokumen Rencana Strategis Dinas Kesehatan  tahun 2021-2026 dibutuhkan adanya koordinasi, sinkronisasi, harmonisasi dan kolaborasi dari seluruh program dan kegiatan, termasuk kesesuaian dengan target dan indikator RPJMD. Serta diharapkan bisa menjawab dan menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah ini dalam rangka pencapaian tujuan Dinas Kesehatan”, Jelasnya.

Selain itu, Marhani menyebutkan, Setiap program/kegiatan memiliki target kinerja masing-masing. Dimana Target yang disusun harus mengacu pada target yang telah ditetapkan baik mengacu pada target provinsi maupun target nasional, serta senantiasa mempedomani regulasi yang ada.

“Melalui pertemuan ini, mari kita duduk bersama, seluruh bidang dan penanggung jawab program bersama seluruh UPTD Lingkup Dinas Kesehatan saya harapkan agar bisa berpartispasi aktif selama 2 hari kedepan sehingga bisa dihasilkan renstra yang berkuitas dan bisa kita laksanakan selama 5 tahun kedepan  dalam rangka mencapai tujuan yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Luwu Utara”.harapnya.

(hm)

Komentar

Berita Lainnya