oleh

Ketua TP PKK Luwu Utara Hadiri Rapat Tahunan Forikan

-News-29 views

Lutra, Suarabisa.com — Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Utara Rahma Nursaid menghadiri rapat tahunan Forum Peningkatan Ikan Nasional (FORIKAN) yang digelar di Aula Lagaligo. Kantor Bupati Luwu Utara, Jalan Simpurusiang, Kecamatan Masamba.

Ketua TP PKK Rahma Nursaid yang juga istri Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur itu hadir bersama dengan Bupati Luwu Utara Hj. Indah Putri Indriani, Ketua FORIKAN Ir. Rusdi Rasyid, dan sejumlah pimpinan SKPD.

Sekedar diketahui, FORIKAN Luwu Utara dibentuk pada tahun 2019 dengan tujuan memperkuat koordinasi, keterpaduan langkah dan tindakan dari seluruh Perangkat Daerah terkait, sekaligus sebagai inspirator, kreator, motivator dan aktivator GEMARIKAN.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara memberikan dukungan penuh kepada Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Luwu Utara, dalam upaya pencegahan stunting di seluruh wilayah Kabupaten Luwu Utara melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

Hal ini dikatakan Bupati Indah Putri Indriani saat membuka Rapat Tahunan FORIKAN Luwu Utara Periode 2019-2021.

“Kita berharap program pencegahan stunting bisa dioptimalkan melalui FORIKAN bekerjasama dengan TP-PKK melalui Dasa Wisma,” kata Indah. Adapun yang diharapkan dalam kolaborasi tersebut, sebut dia, adalah dapat mendorong konsumsi makan ikan dengan mengolah berbagai makanan dari ikan agar kasus stunting dapat ditekan di 1.000 hari pertama kelahiran bayi. Karena menurut dia, dua tahun usia awal manusia dapat ditentukan apakah stunting atau tidak. “Alhamdulillah, Luwu Utara tahun 2020 konsumsi ikan kita 59,50% dan target konsumsi ikan tahun 2021 adalah 60,09%,” beber Indah.

“Kita harapkan target ini dapat mengalami peningkatan dan bisa melampaui target,” harap dia menambahkan. Masih, kata dia, program peningkatan konsumsi ikan adalah upaya sistematis dan terstruktur yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, sehingga program ini harus mendapatkan dukungan yang lebih serius lagi. “Terus lakukan kampanye yang masif, tidak hanya melalui media sosial, tapi juga melalui penguatan kemitraan,” imbuhnya.

 

(*)

Komentar

Berita Lainnya