oleh

KPU Sulsel Menggelar Pelatihan TOT Persiapan Kegiatan Pendidikan Pemilih Melalui program DP3

-News-3 views

Masamba, suarabisa.com  – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan (Sul-sel) menggelar pelatihan Training Of Trainer (TOT persiapan kegiatan pendidikan pemilih melalui program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung diaula demokrasi KPU Luwu Utara Sabtu, 6 November 2021.

Ketua KPU Lutra Syamsul Bachri saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk melatih calon fasilitator untuk dipersiapkan pada kegiatan sosialisasi program DP3 dibeberapa lokus yang sudah ditetapkan.

“Jadi kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang teknis pelatihan memahami peran penting seorang trainer yang diaktualisasikan pada kegiatan sosialisasi di program DP3 masing-masing Kabupaten/Kota di Luwu Raya” Kata Syamsul.

Selain itu sebut Syamsul dalam kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas fasilitator di program kegiatan DP3, serta menghimbau kepada peserta agar aktif dalam berdiskusi dalam kegiatan TOT.

Diakhir sambutannya Syamsul mengucapkan terima kasih kepada KPU Sulsel yang memilih Lutra sebagai tuan rumah, tentu ini adalah merupakan kebanggaan bagi kami dan berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Ditempat yang sama Anggota KPU Sulsel Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Dan Partisipasi Masyarakat Misna M.Attas mengatakan bahwa dalam rangka untuk mempersiapkan kegiatan program DP3, KPU Sulsel melakukan kegiatan TOT untuk memberikan pelatihan kepada tiga calon fasilitator dari perwakilan setiap KPU Kabupaten/Kota di Sulsel dan khusus untuk zona Luwu Raya yakni Luwu, Kota Palopo, Luwu Timur, Luwu Utara di lakukan di Masamba Lutra.

“Jadi untuk kelancaran dan sukses kegiatan sosialisasi melalui program DP3 kami awali melakukan vpelatihan TOT kepada calon fasilitator yang sudah ditetapkan KPU Kabupaten/Kota dengan membagi zona menghadirkan fasilitator yang akan menjadi narasumber” Tutur Misna.

Selain itu sambung Misna, Kegiatan ini adalah untuk membangun persamaan persepsi dalam kegiatan sosialisasi pendidikan DP3 disetiap lokus yang tujuannya untuk menciptakan kader-kader untuk dilibatkan menjadi agen sosialisasi yang bisa memberikan pemahaman tentang demokrasi.

Mantan Ketua KPU Kota Makassar juga berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi solusi dalam memberikan pendidikan politik kepada warga, sehingga tinggkat partisipasi pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 mendatang bisa lebih baik.

Lanjut dalam penyampaian melaui daring komunikasi virtual Misna mengharapkan kepada peserta perwakilan masing-masing KPU Kabupaten/Kota untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat menjadi fasilitator yang handal.Ia juga meminta maaf karena tidak dapat hadir bersama untuk mengikuti kegiatan TOT yang dilaksanakan di Lutra.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Anggota KPU Sulsel Divisi Teknis Penyelenggara Asrama yang juga koordinator wilayah Luwu Raya, Muhammad Asri Plh. Kabag Hukum danTeknis Sekretariat KPU Sulsel, Muhammad Nawir Fasilitator yang menjadi Narasumber dalam kegiatan, Sekretaris KPU Lutra Fitria.

(*/Iq)

Komentar

Berita Lainnya