oleh

Persentase Penduduk Miskin Kabupaten Kolaka Utara “Tertinggi” ke-3 Sultra

-Daerah, Ekobis, News-199 views

KOLUT, SUARABISA.com | Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tenggara merilis data statistik, melalui situs resminya Sultra.bps.go.id

Data yang dirilis Tersebut adalah data statistik Garis Kemiskinan, Jumlah Penduduk Miskin, Persentase Penduduk Miskin, Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1) dan Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) Menurut Kabupaten/Kota  di Provinsi Sulawesi Tenggara, Maret 2017, yang di Update terakhir pada tanggal 03 Juni 2019.

Tabel data statistik yang di Update terakhir tahun 2019. Dalam Tabel Kabupaten/Kota Kabupaten nama Kabupaten Kolaka Utara berada di Nomor 8 (sumber: sultra.bps.go.id)
Tabel data statistik yang di Update terakhir tahun 2019. Dalam Tabel Kabupaten/Kota, nama Kabupaten Kolaka Utara berada di Nomor 8 (sumber: sultra.bps.go.id)

Berdasarkan data statistik BPS Sulawesi Tenggara, yang dikutip media suarabisa.com, dalam tabel Kabupaten/Kota yang di update terakhir pada tanggal 03 Juni 2019 tersebut,  Kolaka Utara yang berada di Nomor 8 menunjukkan, Garis kemiskinan (rupiah 0) Kabupaten Kolaka Utara berada di posisi tertinggi pertama di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan angka 406.334. Kemudian posisi tertinggi ke-2 ditempati Kolaka dengan angka 327.329, dan posisi tertinggi ke-3 ditempati Kabupaten Kolaka Timur 323.956

Sementara itu Jumlah Penduduk Miskin (000) Berdasarkan Data Statistik BPS, Kabupaten Kolaka Utara berada diposisi tertinggi ke-6 dengan angka 23.42. Kabupaten Kolaka berada diposisi tertinggi ke-5 dengan angka 26.64. Kabupaten Kolaka Timur di posisi tertinggi ke-4 dengan angka 28.86. Kabupaten Muna diposisi tertinggi ke-3 dengan angka 32.35. Kabupaten Konawe Selatan diposisi tertinggi ke2 dengan angka 33.73. Dan diposisi tertinggi pertama, Kabupaten Konawe dengan angka 37.99.

Kemudian, Presentase Penduduk Miskin Berdasarkan Data Statistik BPS Sultra, Kabupaten Kolaka Utara dan Kabupaten Muna Barat berada di Posisi tertinggi ke-3 dengan angka 16.24. di Posisi tertinggi ke-2 Kabupaten Konawe Kepulauan dengan angka 18.10. Kemudian di Posisi tertinggi pertama ditempati Kabupaten Buton Tengah dengan angka 18.35.

Lalu, Indeks Kedalam Kemiskinan berdasarkan Datas Statistik BPS Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kolaka Utara berada diposisi tertinggi ke-5 dengan angka 2,73. Kabupaten Konawe Kepulauan diposisi tertinggi ke-4 dengan angka 2,82.  Kabupaten Konawe Utara diposisi tertinggi ke-3 dengan angka 2.87. Kabupaten Konawe diposisi ke-2 tertinggi dengan angka 3.32. Kabupaten Kolaka Timur diposisi tertinggi pertama dengan angka 3,37.

Untuk Indeks Keparahan Kemiskinan berdasarkan data statistik BPS Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kolaka Utara berada diposisi tertinggi  ke-4 dengan angka 0,70. Kabupaten  Kolaka berada di posisi Tertinggi ke-3 dengan angka 0,75. Kabupaten Konawe Utara berada di posisi tertinggi ke-2 dengan angka 0,77. Kabupaten Konawe berada di Posisi pertama tertinggi dengan angka 0,98.

Dalam laman situs sultra.bps.go.id tertulis Sumber data statistik berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret 2017.

Terpisah Kepala BPS Kabupaten Kolaka Utara Sidik SE. MM,  yang di konfirmasi terkait data yang dipublikasikan oleh situs sultra.bps.go.id mengatakan, data statistik tersebut merupakan data yang masih digunakan hingga saat ini. Dan membenarkan situs tersebut adalah situs resmi milik BPS Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Iya data itu masih digunakan saat ini, dan situsnya milik BPS. Tapi kan begini. Untuk menetapkan garis kemiskinan itu dari pusat yang menentukan. Namun garis kemiskinan ini setiap tahun kita update, kita survei. data ini kita yang survei kemudian dikirim ke pusat, kemudian di olah oleh pusat. Hasil dari survei itulah nantinya menjadi patokan untuk menentukan apakah ada penurunan kemiskinan dibanding sebelumnya.
“.Kata Sidik saat ditemui diruang kerjanya. Menurut dia, Untuk menentukan garis kemiskinan di Kabupaten atau Kota itu berdasarkan survei ekonomi nasional yang setiap tahun dilakukan.

“Dalam satu tahun itu dua kali kita survei. Bulan Maret dan bulan 9. Itu haslinya disitu. Untuk tahun 20201 ini kita akan lakukan lagi di bulan 9. Jadi Untuk menentukan garis kemiskinan di kabupaten atau kota itu berdasarkan survei ekonomi nasional yang setiap tahun dilakukan. Di Kolaka Utara ini dari hasil survei tingkat kesejahteraan bagus. Dari tahun 2019-2020 angka kemiskinan turun dari 17% menjadi 12% di tahun 2020. Dengan turunnya angka kemiskinan pertanda ekonomi di Kolaka Utara ini baik”.Jelas Sidik.

Info lengkap :

https://sultra.bps.go.id/statictable/2019/01/03/1139/garis-kemiskinan-jumlah-penduduk-miskin-persentase-penduduk-miskin-indeks-kedalaman-kemiskinan-p1-dan-indeks-keparahan-kemiskinan-p2-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-sulawesi-tenggara-maret-2017.html

Sumber data: sultra.bps.go.id

(B/Hm)

Komentar

Berita Lainnya