oleh

Sempat Jadi Lokasi Wisata Terkenal di Kolut, Wisata Tanjung Tobaku Kini Terbengkalai

-Daerah, News-256 views

KOLUT, SUARABISA.com | Wisata Tanjung Tobaku, di Desa Tobaku, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara, Sultra, kini terbengkalai.

Pantauan wartawan suarabisa.com, Selasa pagi, (15/6), tak ada aktivitas disana, seluruh infrastruktur wisata terlihat rusak. Kamar mandi (WC) yang berada di Lokasi wisata terlihat rusak. Pos penjagaan yang terletak didepan gerbang wisata juga terlihat rusak.

Didepan pintu gerbang terlihat papan bertuliskan “itako mandiri jual beli kambing”. Gedung yang berada di lokasi wisata juga terlihat rusak dibagian atap dan jendela, dengan cat dinding yang mulai memudar.

Bangunan berlantai 2, yang berbeda di lokasi Wisata Tanjung Tobaku
Bangunan berlantai 2, yang berbeda di lokasi Wisata Tanjung Tobaku (ft:Mb)

Nampak pula Lokasi wisata dipagari kawat besi berduri, dan terlihat beberapa ekor sapi yang sedang diternakkan.

Informasi dari warga sekitar, Wisata tersebut dibangun dimasa Bupati Rusda Mahmud, dan sempat menjadi lokasi wisata terkenal di Kolaka Utara yang ramai dikunjungi.

“Dulu tempat ini dibangun waktu masih pak Rusda jadi Bupati. Dan ramai dulunya, kalau kita masuk harus bayar karcis. Tapi setelah berapa tahun ini, sudah tidak ramemi”.Kata Lakini, warga Tobaku yang rumahnya berada tak jauh dari lokasi Wisata. Kepada wartawan suarabisa.com. Selasa Pagi (15/6).

Fasilitas Kamar Mandi (WC) yang berada di Lokasi Wisata Tanjung Tobaku. Fasilitas kamar mandi tersebut terlihat rusak (ft:Mb)
Fasilitas Kamar Mandi (WC) yang berada di Lokasi Wisata Tanjung Tobaku. Fasilitas kamar mandi tersebut terlihat rusak dibagian pintu dan atap (ft:MB)

Lakini menuturkan, lokasi Wisata tersebut dulunya milik Haji Kadau, kemudian diwakafkan untuk dijadikan lokasi Wisata.

“Dulunya Tanah ini punya haji kadau, tapi di wakafkan untuk di kelola jadi Wisata. Tapi tidak tahumi sekarang, mungkin sudah diambil kembali sama yang punya. Karena tempatnya sudah tidak digunakan mandi mandi. Terbengkalaimi juga itu tempat dilihat”.jelas Lakini.

Sekedar diketahui, Wisata Tanjung Tobaku lokasinya berada di jalan Poros Trans Sulawesi. Berjarak kurang lebih 4 KM dari Kota Lasusua.

(Laporan wartawan suarabisa.com Kolut)
(Mb)

Komentar

Berita Lainnya